Flora dan Fauna

Kumpulan artikel menarik tentang Flora dan Fauna dari berbagai sumber yang bermanfaat.

Selasa, 06 Juli 2010

Kicauan Burung-burung yang Sebarkan Virus Flu

img
Golden-crowned kinglet (Reuters)

Los Angeles, Di balik kicauannya yang merdu, burung-burung seperti murai dan burung gereja ternyata membawa virus flu. Meski lebih jinak dari flu burung, tetapi flu ini tak kalah berbahaya jika sudah bermutasi.

Mutasi tersebut dikhawatirkan terjadi ketika virus avian influenza yang dibawa oleh burung-burung tersebut, menginfeksi babi dan bermutasi. Hal yang sama pernah terjadi pada wabah flu babi, yang memunculkan jenis virus baru H1N1.

Tom dan rekan peneliti yang lain menyimpulkan hal itu setelah meneliti 13.000 burung dari 250 spesies yang berbeda. Virus yang relatif kurang patogen itu ditemukan pada 22 spesies burung kicauan, termasuk pipit atau burung gereja, Cassin's finches, Swainson's thrush dan Western tanagers.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam Biomed Central Journal BMC Infectious Diseases.

"Temuan ini penting, karena dugaan selama ini virus flu lebih banyak menyebar lewat bangau dan bebek," ungkap Tom Smith, dari University of California yang memimpin penelitian.

Dikutip dari Reuters, Rabu (7/7/2010), bebek merupakan pembawa utama virus flu. Meski jarang membuat bebek sakit, virus tersebut menjadi sangat patogen ketika menulari ayam dan unggas lain seperti kalkun.

Menurut Smith, ancaman penyebaran melalui burung kicauan tidak bisa diremehkan, karena jenis burung tersebut tidak memiliki habitat yang cukup luas. Burung-burung liar tersebut berkumpul dalam satu area, sehingga kemungkinan untuk saling menularkan lebih besar.

Berdasarkan data organisasi kesehatan hewan dunia (OIE), virus flu burung H5N1 telah menewaskan 300 juta burung. Pada manusia, 500 kasus penularan terjadi sejak 2003 dan telah menewaskan 296 jiwa.

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda