Flora dan Fauna

Kumpulan artikel menarik tentang Flora dan Fauna dari berbagai sumber yang bermanfaat.

Kamis, 24 Juni 2010

9 Hewan Unik Berwarna Merah

1. Red Bugs (Kumbang merah)

Ladybugs/kepik biasa disebut kumbang kecil dan kumbang lily adalah serangga berwarna merah yang paling umum dan sering kita jumpai. Untuk ladybug/kepik terdapat beberapa bintik hitam di tubuhnya sedangkan kumbang lily tidak. Sungguh indah untuk dilihat.




2. Red Spiders (Laba-laba merah)

Tidak banyak jenis laba-laba merah di dunia, mungkin karena mereka sebagian besar predator penyergap yang perlu tetap sigap agar tidak terlambat dalam memangsa mangsanya untuk tidak melarikan diri.



3. Red Sea Stars (Bintang laut merah)

Sungguh indah penghuni laut yang satu ini terlebih dengan corak badannya yang berwarna merah sangat memanjakan mata. Mengingatkan kita terhadap tokoh Patrick di film Spongebob, tapi bedanya si Patrick berwarna pink. Bintang Laut adalah binatang aneh, setidaknya dibandingkan dengan manusia. Bintang laut tidak memiliki darah atau otak. Mereka memiliki kemampuan untuk regenerasi senjata yang hilang dan dapat hidup sampai 35 tahun di alam liar.


4. Red Humboldt Squid (Cumi-cumi humboldt merah)

Bahasa sehari-hari dikenal sebagai “Red Devils”, baik seperti api-mesin warna merah dan sikap agresif mereka . Cumi-cumi ini telah dikenal pernah menyerang penyelam dan sebagai makhluk yang bisa tumbuh sampai 7 kaki panjang, dan biasanya merobek mangsanya menggunakan paruh mereka terpisah-seperti nuri dan pengisap pada lengan mereka berbaris dengan jarum-gigi yang tajam. Binatang juga termasuk aneh karena mempunyai 3 hati, berdarah biru, dan berkomunikasi melalui bioluminescent photophores di kulit mereka.



5. Red Fish (Ikan Merah)

Ikan yang terlihat seperti monster pada gambar ini hidup di laut dalam dan temasuk salah satu spesies benthic berwarna merah. Ikan air dangkal juga menampilkan warna merah terang yang benar-benar menonjol. Baru-baru ini telah diketahui bahwa varietas ikan tersebut memancarkan cahaya merah, tentu saja untuk memudahkan agar dapat dikenali dari beberapa spesies lainnya.


Sedangkan gambar berikut adalah ikan kodok (frogfish) yang juga mempunyai struktur tubuh berwarna merah.



6. Red-spotted Newts (Kadal Merah)

Amfibi ini sering dijumpai di kawasan hutan basah bagian timur Amerika Utara, Cukup unik dan aneh untuk jenis kadal yang jarang sekalo berwarna merah. Informasi seputar binatang ini adalah ukuran tubuh (panjang) sekitar 5 inci tetapi mampu hidup selama 15 tahun. Kulit mereka akan mengeluarkan zat beracun saat diserang musuh.





7. Red Poison Dart Frogs

Disebut Katak racun anak panah karena katak jenis ini mempunyai racun yang cukup mematikan dan racun yang dimiliki katak tersebut sering dipakai untuk dimuluri pada ujung anak panah. Jenis katak ini lain daripada jenis katak yang umum dijumpai dan mempunyai corak tubuh dan warna yang cukup unik. Untuk melihat warna-warna yang lain bisa lihat disini




8. Red Snakes

Ada beberapa ular yang berwarna merah, meskipun hanya sedikit yang memiliki warna merah, beberapa jenis ular mempunyai nama yang terdapat unsur warna merah. Beberapa contoh termasuk Red Coachwhip, Red Racer dan English Red, seperti yang terlihat searah jarum jam dari gambar.



9. Scarlet Ibis

Burung ibis berwarna merah mencolok ini mendiami pulau-pulau dan pantai selatan Laut Karibia, dan pedalaman daerah tropis Amerika Selatan. Anehnya, Burung Ibis merah tidak terlahir merah dan jika kekurangan makanan yang disukai yakni kepiting merah – maka burung tersebut berubah warna menjadi abu-abu dan putih. Dalam habitat aslinya, burung tersebut memetabolisme pigmen merah dari kepiting yang mereka makan dan memasukkan pigmen ke dalam bulu mereka.





pojokdunia.com

Label: , , ,

1 Komentar:

  • Pada 25 Juni 2010 01.04 , Blogger sinangnaga mengatakan...

    sangat mengagumkan.memang fauna di Indonesia berlimpah namun hanya segelintir orang yg peduli akan poses kepunahannya.

     

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda